Monday, July 16, 2007

Brazil juara Copa America


Brazil berhasil mempertahankan piala Copa America dalam pertandingan final melawan Argentina yang disiarkan langsung RCTI dinihari tadi. Ini adalah gelar ke-delapan bagi Brazil, yang pada kejuaraan kali ini tidak diperkuat oleh sederetan bintangnya seperti Kaka, Ronaldinho dan Ronaldo.

Meski tidak diunggulkan, Brazil memulai pertandingan dengan menawan, baru 4 menit pertandingan berjalan, Julio Baptista menyarangkan tendangan gledek-nya ke gawang Argentina yang dijaga Abbondanzieri.

Argentina berusaha keras menyamakan kedudukan namun beberapa peluang gol dapat dipatahkan oleh barisan belakang Brazil. Sebaliknya, sebuah serangan balik pada menit ke-40 membuat barisan belakang Argentina panik dan bola yang berusaha dihalau malah masuk ke gawang sendiri.

Memasuki babak kedua, Argentina kembali memulai inisiatif penyerangan. Messi, Teves dan Riquelme bertubi-tubi menekan pertahanan Brazil yang dikomandoi Alex. Menit ke-62 kembali sebuah serangan balik dari Brazil, kali ini Vagner Love memberikan umpan terobosan yang jitu pada Daniel Alves yang tidak disia-siakan. Gol ketiga sekaligus penutup membuktikan kualitas permainan kesebelasan Brazil masih diatas Argentina, dan ini merupakan tanda awal akan hegemoni Brazil untuk Piala Dunia yang akan datang.